Media corat-coret selama kuliah

Sabtu, 11 Februari 2017

MPPL-D(Tugas 1)

Nama : Jeffry Nasri F
NRP   : 5114100043


Pengertian MPPL

Manajemen adalah Kegiatan untuk mengatur sumber daya agar terorganisir 
Proyek adalah Kegiatan untuk menyelesaikan sebuah pemasalahan
Perangkat lunak adalah Kumpulan dari kode yang dibuat programmer untuk mengerjakan suatu tugas komputasi 

Jadi MPPL(Manajemen Proyek Perangkat Lunak) adalahsuatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian untuk membuat perangkat lunak atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya yang tertentu pula.

Latar Belakang mempelajari MPPL  karena adanya sesuatu yang negatif (software crisis). misalnya : inefisiensi, keterlambatan delivery, product tidak spesifik, suatu proyek tidak memiliki kemajuan, resource SDM berlebih, kegagalan mencapai tujuan adalah hal yang menyebabkan kegagalan proyek

Orang yg terlibat dalam proyek perangkat lunak

  1. Pemilik sistem (System Owner)
  2. Pengguna sistem (System User) meliputi ;Pekerja administrasi dan layanan , Staf teknis dan professional, Manajer, Supervisor, Manajer menegah, Manajer eksekutif
  3. Desainer sistem (System Desainer)  meliputi ;Administrator database (database Administrator), Arsitek jaringan (network architect), Arsitek web (web architect), Artis grafik (graphic artist), Ahli keamanan (security expert), Spesialis teknologi (technologi spesialis)
  4. Pembangung sistem (System Builder) meliputi ;Programmer Aplikasi, Programmer Sistem, Programmer database, Administrator jaringan, Software integrator
  5. Analis System (System analyst)
KAK
Sistem : SISTEM INFORMASI KEARSIPAN (SIK) KEMENTERIAN KEHUTANAN

Latar Belakang

Dengan adanya peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Kementerian Negara serta Susunan Organisasi, Tugas, dan Fungsi Eselon I Kementerian dan Lembaga, berimplikasi kepada perubahan struktur organisasi di Kementerian Kehutanan. Perubahan struktur organisasi berimplikasi juga kepada adanya perubahan pada database Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan. Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan akan mengalami beberapa perubahan nomenklatur sesuai dengan perubahan organisasi.

Untuk menjaga kelancaran operasional Sistem Informasi Kearsipan, maka Kementerian Kehutanan menyempurnakan aplikasi SIK-nya sesuai dengan kebutuhan.

Maksud dan Tujuan

Maksud dari kegiatan pengembangan SIK Kementerian Kehutanan ini adalah untuk memperlancar kegiatan tata kelola persuratan di Kementerian Kehutanan, dengan tujuan untuk dapat memberikan jaminan pelayanan terhadap keberlangsungan operasioanal dari SIK Kementerian Kehutanan secara keseluruhan dan mandiri.

Sasaran

Sasaran yang akan dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah : 
  1. Adanya perubahan aplikasi SIK dibeberapa Eselon I Kementerian Kehutanan dan Eselon II Kementerian Kehutanan.
  2. Adanya peningkatan kemampuan sumberdaya manusia Dephut dalam teknologi informasi (TI) khususnya TI digunakan dalam SIK Kementerian Kehutanan.
Ruang Lingkup Perkerjaan

Penyempurnaan Modul Aplikasi SIK di beberapa Eselon I dan Eselon II, yaitu:
  • Modul Surat Masuk
  • Modul Surat Keluar
  • Modul Pengarsipan
Tenaga Ahli
  1. Ketua Tim (Team Leader) (1 orang)
  2. Ahli Database (Database Enginer) (1 orang)
  3. Ahli Sistem analist (System Analyst) (1 orang)
  4. Ahli Pemrograman (Programmer) (3 orang)

Pelaporan
  1. Laporan Pendahuluan
  2. Laporan Akhir
Sumber :

  • https://erozzgerrard.wordpress.com/2011/11/29/manajemen-proyek-perangkat-lunak/
  • https://fairuzelsaid.wordpress.com/2011/10/02/manajemen-proyek-teknologi-informasi-stakeholder-sistem/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Menu

  • t
  • v
  • sa

    Have A Nice Day :)

    Labels